Kepatuhan Identifikasi Pasien

Analisa :

Sepanjang tahun 2019 ini (April-Desember), pencapaian telah memenuhi standar yakni 100%. Identifikasi pada pasien selalu dilakukan oleh petugas unit. Proses pengecekan identitas menggunakan minimal 2 dari 3 identitas yang tercantum pada gelang pasien. Petugas melakukan identifikasi pada saat antara lain, proses memberikan obat kepada pasien, pemberian pengobatan termasuk memberikan diet, sebelum memberikan transfusi darah dan produk darah, sebelum pengambilan specimen untuk dilakukan pemeriksaan dan sebelum melakukan tindakan diagnostic. Indikator ini berhubungan dengan sasaran keselamatan pasien, yang mana memang harus dikerjakan secara terus menerus. Diharapkan pencapaian ini terus diimplementasikan di lapangan.

Emergency Respon time < 5 menit

Analisa :

Capaian indikator mutu di atas menunjukkan hasil yang sudah mencapai standar 100%, pada tahun 2019. Pelayanan yang optimal pada unit IGD terlihat dari pencapaian indikator ini. Waktu yang dibutuhkan mulai pasien dilakukan triage di IGD sampai mendapat pelayanan dokter di RS +/- membutuhkan waktu kurang dari 1 menit. Sedangkan standar yang dianjurkan adalah ≤ 5 menit. Maka dapat disimpulkan bahwa baik dokter jaga maupun petugas/perawat mampu menangani pasien di IGD dengan cepat dan tepat. Diharapkan indikator ini akan terus mencapai standar.

Kepuasan Pasien dan Keluarga

Analisa :

Kepuasan pasien dan keluarga merupakan salah 1 tujuan dari pelayanan RS Muhammadiyah Gresik. Terbuktu dari pencapaian Sepanjang tahun 2019 ini selalu lebih tinggi dari standar yang telah ditentukan.

Kecepatan Respon Terhadap Komplain Pasien

Analisa :

Sepanjang tahun 2019 ini angka pencapaian selalu mendapatkan nilai yang memenuhi standar 75%. Dapat disimpulkan bahwa selama ini RS selalu merespon dengan cepat terhadap complain dari pasien maupun pengunjung.